Minggu, 18 Maret 2012

“KUASA RAMALAN” KARYA Dr. Peter Carey



Kuasa Ramalan merupakan buku sejarah karya sejarawan dan peneliti kebudayaan Jawa yang berasal dari Amerika Serikat, Dr. Peter Carey
    Diawali dengan ketertarikannya akan kebudayaan dan sejarah Jawa sekitar abad 19. Kemudian Peter Carey tertarik akan tokoh Pangeran Diponegoro dan mencoba menyelami sosok Pangeran Diponegoro, masa perang Jawa (1825-1830), peristiwa pengasingan Pangeran Diponegoro hingga wafatnya.
    Buku sejarah yang menceritakan tentang perjalanan hidup Pangeran Diponegoro sebagai seorang keturunan bangsawan dan sebagai seorang pemberontak pada pemerintahan kolonial Belanda memberikan warna tersendiri pada setiap penulisan-penulisan sejarah Pangeran Diponegoro dalam buku ini.
    Peter Carey memberikan sebuah pemahaman sejarah Pangeran Diponegoro dalam perspektif kebudayaan Jawa yang masih sangat kental.
     Diponegoro sendiri dikisahkan sebagai seorang putra bangsawan yang tidak hanya memiliki kemampuan untuk bergerilya dan berperang melawan pemerintahan kolonial Belanda namun juga unsur-unsur kejawen yang kental dalam buku ini mengacu pada keberadaan ilmu tasawuf dan unsur-unsur magis dalam kebudayaan Islam di Jawa pada saat itu.
    Buku terbitan Kompas Gramedia ini terbagi menjadi 3 Jilid buku besar dengan tebal sekitar 892 halaman, ukuran 230x150 cm. Harga per paket dari buku ini sebesar Rp. 250.000.
    Rencananya buku ini akan diluncurkan di beberapa kota di Indonesia dengan tajuk mengangkat kebudayaan dan sejarah Jawa sebagai bagian dari sejarah Indonesia yang diawali dari kediaman Pangeran Diponegoro di Tegal rejo, Yogyakarta.
    Kelemahan yang ada pada buku Peter Carey ini lebih kepada penemuan sumber-sumber tulisan sejarah yang sebagian masih menggunakan bahasa dan huruf Jawa Kuno yang merupakan salah satu bukti dari historiografi Jawa dari perjalanan Diponegoro sebagai seorang keturunan bangsawan Jawa.
    Buku ini juga menceritakan secara lebih dekat mengenai sosok Pangeran Diponegoro dan mengungkap fakta-fakta baru mengenai tatanan kekuasaan pada tahun (1785-1855) menggunakan arsip-arsip sejarah asli dari beberapa bukti sejarah Jawa abad 19.
    Peter Carey berharap keberadaan buku ini mampu memberikan suatu wawasan baru terkait dengan keberadaan ramalan-ramalan Jawa yang selalu dituliskan dalam berbagai sumber-sumber sejarah Jawa dan oleh tokoh-tokoh Jawa, salah satunya adalah Pangeran Diponegoro yang menginspirasi beberapa sejarawan untuk meguak misteri kehidupan Pangeran Diponegoro dan sekilas cerita tentang latar belakang pecahnya perang Jawa di Yogyakarta. Sehingga pemahaman sejarah tidak akan pernah hilang dari generasi-generasi muda yang akan datang, salah satunya adalah Pangeran Diponegoro. (Angga, Psej'09)
Spesifikasi Buku:
Judul : Kuasa Ramalan : Pangeran Diponegoro dan Akhir Tatanan Lama di Jawa, 1785-1855
Pengarang : Peter Carey
ISBN : 9789799103956
KPG : 901110489
Ukuran : 230 x 150 cm
Halaman : 892 halaman
Harga : Rp 250,000

   19 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Blogger news