Senin, 16 April 2012

MAHASISWA MANFAATKAN FASILITAS KAMPUS SECARA CERDAS


Oleh : Angga Riyon , P.Sej 2009

 “Mahasiswa Universitas Sanata Dharma selalu mendapatkan fasilitas yang memadai dalam menunjang kegiatan akademiknya di dalam kampus. Pemanfaatan fasilitas kampus oleh mahasiswa Sanata Dharma saat ini tak sepenuhnya mengalami kelancaran dan dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa, salah satunya adalah permasalahan fasilitas Lift di kampus Paingan dan  kampus Mrican  dimana penggunaan Lift di kedua kampus tersebut tidak dibebaskan untuk para mahasiswa melainkan hanya digunakan oleh para dosen, karyawan Universitas dan cleaning service, lalu apa sebenarnya yang terjadi di balik pembatasan penggunaan Lift di Universitas Sanata Dharma ini?” 

Keberadaan lift bagi penunjang keberlangsungan kegiatan perkuliahan bagi para mahasiswa sangatlah berperan penting, terutama mahasiswa yang melakukan mobilisasi hingga lantai 4 ataupun lantai 3,  sarana lift semestinya dapat digunakan sebagai tenaga alternatif untuk mempersingkat waktu mobilisasi mahasiswa yang ingin berkuliah. Namun bagaimana jadinya jika penggunaan lift untuk mahasiswa dibatasi dan mahasiswa diarahkan untuk menaiki tangga kampus untuk mencapai kelas yang dituju.

Ada beberapa hal yang memunculkan perihal terkait pembatasan penggunaan lift ini di kampus Paingan dan kampus Mrican. Pertama ialah mahasiswa yang kurang begitu menjaga dan memanfaatkan keberadaan lift sebagai fasilitas umum di lingkungan kampus dengan mencoret- coret lift, suka memainkan lift dan mengotori  dengan sampah ataupun asap rokok. Dengan sikap mahasiswa yang kurang menjaga sikap dalam memanfaatkan fasilitas lift pada akhirnya membuat pihak Universitas Sanata Dharma mengurangi penggunaan lift bagi mahasiswa. Perlunya kesadaran dalam penggunaan fasilitas kampus bagi mahasiswa sangatlah penting dimana mahasiswa juga belajar menghargai dan memanfaatkan fasilitas kampus dengan sebaik- baiknya sehingga tidak ada lagi peristiwa bermain- main di dalam lift ataupun kerusakan lift akibat asap rokok ataupun sampah yang dibawa oleh mahasiswa.

Perlu adanya pembenahan sistem ketika mahasiswa memanfaatkan fasilitas kampus baik yang ada di kampus Paingan maupun kampus Mrican. Terutama lift yang digunakan oleh para mahasiswa. Namun disatu sisi pihak kampus Universitas Sanata Dharma sendiri harus memiliki ketegasan terhadap fasilitas yang diperuntukan untuk para mahasiswa agar tidak terkesan pihak kampus memberikan batasan kepada mahasiswa untuk menikmati fasilitas kampus yang tersedia, dan mahasiswa sendiri harus dapat mengintropeksi diri agar lebih menghargai dan menjaga  fasilitas yang disediakan oleh pihak Universitas Sanata Dharma kepada para mahasiswa sehingga tidak ada lagi istilah saling diskriminasi untuk penggunaan fasilitas kampus tetapi menggunakan fasilitas kampus secara cerdas oleh para mahasiswa ataupun pihak karyawan kampus dan para dosen menjadi pemecahan kunci dari permasalahan penggunaan lift yang dibatasi di Universitas Sanata Dharma, supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan atas permasalahan pemanfaatan fasilitas kampus.

 


Tidak ada komentar:

Blogger news