Kamis, 03 Mei 2012

Eksistensi, dan Keutuhan Tim


Tersiar kabar kurang menyenangkan dari panitia atas Insadha 2012. Kabar yang masih kabur yang kami terima ini sebenarnya merupakan permasalahan lama. Sejak tahun 2010 permasalahan ini telah menjangkit dan menjadi syndrom tersendiri bagi kalangan atas insadha.
Tahun 2008 dan 2009 kondisi seperti ini belum terjadi karena hubungan yang dekat dari kedua belah pihak. Dari hubungan yang dekat inilah keegoisan dapat diturunkan dan bisa saling memahami.
Gesekan antara SC – Panti yang terjadi sejak 2010 memang tidak bisa terelakkan jika kedua belah pihak tidak dibekali oleh pengetahuan yang memadai mengenai fungsi dan jobdesk dari kedua bagian kepanitiaan ini.
Minimnya pengetahuan menyebabkan kedua belah pihak bisa saling menciptakan intepretasi – intepretasi yang menganggap bahwa pihak yang lain telah melakukan hal yang diluar batas kewenangan.
Tidak bisa dipungkiri jika dari sanalah bisa tercipta adu domba sendiri antara pihak yang satu dengan pihak yang lain.
Dinamika panitia Insadha yang terkenal seru ini bisa semakin keruh jika kita ingat mental kita. Akutnya mental kita sebagai mahasiswa yang ingin meraih eksistensi dapat memperbesar  ego dan sikap untuk tidak bisa saling memahami antar bagian.
Dalam sebuah kepanitiaan, kita tidak bisa bekerja sendirian dan harus disadari bahwa ada orang lain yang mengisi bagian lain yang memiliki fungsi sendiri.
Kedua belah pihak selama ini sebenarnya merupakan satu tim yang mempunyai tujuan sama, yakni menyukseskan Insadha. Dalam satu tim yang memiliki bagian – bagian dan antar bagian yang saling berhubungan inilah yang disebut sistem.
Catatan dari tahun lalu, BEMU tidak mempunyai formula ampuh untuk menyelesaikan permasalahan gesekan yang terjadi pada bagian kepanitiaan ini.
Para panitia tahun ini bila tidak ingin mengulangi kesalahan yang terjadi sejak tahun 2010 ini, berarti para panitia harus mampu meredam ego untuk ingin eksis yang nantinya dapat disusul pembenahan untuk menciptakan sistem yang baik dari tiap – tiap bagian. 

Tidak ada komentar:

Blogger news