Senin, 16 April 2012

Tim Independen Insadha


          Insadha tahun ini memiliki banyak perbedaan. Keberadaan ”Tim Indepedent” adalah salah satu perbedaan insadha tahun ini dibandingkan insadha tahun – tahun sebelumya.

          Tim Indepedent dibentuk oleh BEMU dan mempunyai tugas mengawasi dan menyeleksi anggota panitia insadha.

           Jika Pemerintah Republik Indonesia rezim SBY mempunyai Satgas anti Korupsi dan satgas – satgas yang lain, pemerintah mahasiswa USD orde Sonny Farlin pun mempunyai satgas sendiri yang dinamakan Tim Independent.

          Organisasi kemahasiswaan USD sebenarnya mempunyai Dewan Perwakilan Mahasiswa yang mempunyai tugas mengawasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa namun mengalami benturan tugas dengan satgas BEMU tersebut.

          Otoritas dan hak kordinator seksi untuk menentukan siapa – siapa saja yang menjadi temannya dalam bekerja di kepanitiaan menjadi terbatas dan terhalangi, walaupun maksud adanya tim independent untuk menghilangkan unsur nepotisme.

          Penugasan yang tumpang tindih antara tim independent, kordinator tiap seksi, dan DPMU justru mengaburkan pandangan akan tugas tim independent sendiri. Kejadian serupa juga dialami antara satgas – satgas pemerintah dan lembaga lain yang lebih dulu dibentuk, misal Satgas anti Korupsi yang dulu dipimpin Denny Indrayana berbenturan dengan KPK.

          Minimnya sosialisasi dan informasi mengenai fungsi tim independent bisa mengakibatkan kerancuan tugas antara satu bagian kepanitiaan dengan tim yang dibentuk.

          Terlebih dengan kepanitiaan yang dipenuhi semangat eksistensi, konflik akibat orientasi untuk melebihkan dirinya sulit untuk dihindarkan.

          Kemana nanti perginya tim independent jika mereka menemukan masalah kalau bukan pada BEMU. Jika begitu adanya tidak pantas kita menyebut mereka ”Tim Independent”. Namun seandainya tidak, bagaimana caranya nanti tim independent bertindak? Teman – teman panitia masih punya independensisi untuk itu.


      

Tidak ada komentar:

Blogger news