Selasa, 03 April 2012

Cerita Pansus Dari Insadha

          USD- Inisiasi Sanata Dharma atau INSADHA akan diadakan dalam rangka perkenalan lingkungan Universitas Sanata Dharma kepada mahasiswa baru angkatan 2012. Sebelum INSADHA ini dilaksanakan, ada panitia yang bertanggung jawab pada persiapan awal, yaitu penetapan siapa panitianya dan apa temanya.

          Persiapan itu dinamakan PANSUS. PANSUS merupakan Panitia Khusus yang bertugas menentukan gagasan  untuk diolah oleh Steering Committee (SC), dan kemudian SC menjadikan gagasan tersebut untuk membuat tema. Gagasan yang diberikan harus didasarkan  pada visi misi Universitas Sanata Dharma yaitu pedagogi ignasian dan tridharma perguruan tinggi.

          PANSUS bertugas juga untuk mencari, merekrut dan mengeliminasi SC, pantia inti (PANTI) dan CO - CO untuk INSADHA serta membahas konsep-konsep baru usulan BEMU dan kemudian disetujui bersama.

          INSADHA sendiri merupakan hajatan kampus yang diselenggarakan oleh BEM USD , sehingga PANSUS dalam INSADHA ini tentunya dikoordinir oleh BEM USD. Sedangkan anggota PANSUS sendiri berasal dari perwakilan BEMF dan fakultas.

Pada hari Jum’at (23/03) hingga hari Minggu (25/03) lalu, PANSUS melaksanakan rapatnya dalam rangka pemilihan panitia INSADHA dan pemilihan gagasan untuk INSADHA 2012 di Ruang Multimedia Kampus 3 Paingan Universitas Sanata Dharma.

              Semua perwakilan dari fakultas hadir pada rapat ini kecuali perwakilan dari fakultas farmasi. Perwakilan dari DPMU juga hadir, sebagai pengawas. Rapat yang diselenggarakan selama 26 jam (total) ini, berlangsung secara tertutup dan serius.

               Rapat dimulai pada hari Jum’at pukul 09.25 hingga pukul 21.30. Rapat ini diawali dengan pembahasan mengenai gagasan landasan yang dipakai saat INSADHA 2012 nanti. Prosesnya adalah fakultas memberi gagasan masing-masing yang kemudian diolah di PANSUS. Ada 3 poin penting pada gagasan, yaitu integritas, kebersamaan dan prestasi yang sesuai dengan pedagogi ignasian.

        Rapat dilanjutkan dengan pemilihan CO dan Panitia Inti yang berlangsung dengan lebih serius. Kandidat CO dan Panti ini berasal dari perwakilan fakultas. Perwakilan dari FKIP paling banyak yaitu 25 calon, dan yang diterima kurang lebih 11 orang. Dari Sastra hanya 2 orang yang direkomendasikan dan 1 orang dari PANSUS. Dari FE diterima 2 orang, dari BEMU 2 orang, Teologi 2 orang, Psikologi 5 orang, dan dari Teknik diterima 9 orang.

       Untuk pemilihan ketua umum, BEMU mengajukan 1 calon, dan dari FE 1 calon, serta beberapa calon lainnya. Pada PANSUS , dibahas mengenai kompetensi calon ketua melalui pengalaman organisasi, dan terpilihlah ketua umum INSADHA 2012 yang merupakan calon dari BEMU.

       Untuk CO, dipilih yang mempunyai kompetensi dan pengalaman organisasi yang baik. Anggota CO ini sebagian besar sudah pernah menjadi panitia INSADHA sebelumnya. Pada setiap divisi, minimal ada 1 orang yang pernah menjadi panitia INSADHA.  Untuk Panitia Inti, sebagian besar merupakan baru dalam INSADHA, kecuali ketua umum yang tahun lalu menjadi Dampok.

        Rapat hari kedua dimulai sekitar pukul 09.25 seperti pada hari pertama, hingga pukul 22.00. Pada rapat hari kedua ini, PANSUS melakukan pemilihan SC. Pada pemilihan SC ini, terdapat 2 orang yang mencalonkan diri sebagai SC, tetapi menurut PANSUS, mereka tidak memenuhi syarat, sehingga akhirnya SC dipilih dari PANSUS 3 orang, 1 orang dari BEMU dan 1 orang dari FKIP.

         Syarat SC adalah pemikir, dan bisa menemukan konsep-konsep. SC INSADHA 2012 kali ini semuanya merupakan orang baru dalam INSADHA. Romo Kuntoro juga hadir pada rapat hari kedua ini, tetapi hanya pada saat malam hari. Beliau memberikan pengarahan, motivasi dan peneguhan bagi PANSUS.

       Rapat hari ketiga hanya berlangsung selama 2 jam, mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 12.00 dan ditutup dengan misa oleh Romo Kuntoro.            

(YS/DR)


Tidak ada komentar:

Blogger news