Selasa, 03 April 2012

Tips Sehat Begadang


              Dalam kehidupan sehari-hari, mahasiswa pasti memiliki segudang kegiatan, baik di dalam maupun di luar kampus. Tidak bisa dipungkiri, banyaknya kegiatan terkadang membuat kita kewalahan mengatur waktu untuk mengerjakan tugas pokok kuliah kita, maupun tugas/pekerjaan lain di luar kuliah, alhasil, terpaksa mahasiswa begadang untuk menyelesaikan tugasnya.
              Begadang jika dilakukan terus menerus dapat memberikan dampak negative bagi tubuh, seperti menurunnya konsentrasi, menurunnya daya tahan tubuh, dll. Namun bila dilakukan sesekali karena kebutuhan, begadang bisa tidak menimbulkan dampak buruk, apabila diimbangi dengan tindakan sehat. Berikut adalah tips sehat begadang.
1. Sempatkan tidur sebelum begadang. Apabila kita tidur selama sedikitnya 1 jam sebelum begadang, akan membuat badan kita lebih bugar saat begadang
2. Jangan biarkan perut kosong saat begadang. Apabila saat begadang perut dalam kondisi kosong, kemungkinan besar kita akan terkena masuk angin. Jadi, sediakan asupan yang cukup saat begadang.
3. Jangan mengkonsumsi minuman berenergi terlalu banyak. Dini hari merupakan saat dimana tubuh melakukan detoksifikasi. Dengan meminum minuman berenergi akan memperberat kerja ginjal kita. Akan lebih baik jika sering minum air mineral.
4. Tingkatkan daya tahan tubuh. Bila begadang, kemungkinan besar daya tahan tubuh kita akan menurun. Untuk itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti mengkoonsumsi vitamin C, makan makanan berserat, rajin berolah raga, makan teratus, dll.
5. Kurangi merokok saat begadang. Bagi orang-orang tertentu (pecandu rokok), begadang tanpa rokok akan sangat menyiksa. Namun dengan merokok, kerja jantung dan paru paru akan lebih berat. Selain itu badan juga akan jadi sangat lelah.
6. Tidur sesegera mungkin jika ada sesuatu yang mulai ganjil dalam tubuh,misalnya mulai tidak enak badan, sendawa berlebihan atau mata sudah sedemikian kaburnya hingga tidak mampu membedakan hal-hal kecil sekalipun.
Semoga tips yang diberikan, berguna bagi teman-teman yang memang ada kalanya harus begadang untuk menyelesaikan tugas.
(DC)


Tidak ada komentar:

Blogger news