Minggu, 18 Maret 2012

BERBAGI BERSAMA CANA COMMUNITY



Oleh : Maria Dwi Rianti
"Engkaupun Saudara Ku" merupakan tema yang diangkat oleh Cana Community untuk menjadi tema baksos tahun ini. Bakti sosial merupakan program kerja dari Cana Community.

    Kali ini sasaran baksos adalah anak-anak yang difabel. Tujuan berbagi kasih sayang untuk orang-orang yang difabel.
    Metil sebagai ketua panitia Baksos Cana Community menyatakan idenya agar baksos kali ini dilakukan berbeda yakni dengan sasaran yang berbeda yaitu anak-anak difabel.
    Pada tahun-tahun sebelum Cana Community melakukan baksos dengan sasaran anak panti asuhan ataupun anak-anak jalanan. Alasannya adalah karena banyak mahasiswa yang tidak mengenal kehidupan anak-anak difabel secara mendalam.
    Oleh karena itu baksos kali ini dilakukan di dua tempat yakni di Kalasan dan Berbah. Kedua tempat ini memiliki ciri khas masing-masing.     Panti asuhan di Berbah mendampingi anak-anak yang cacat mental, sedangkan panti asuhan di Kalasan mendampingi anak-anak yang cacat ganda. Hal itu dikarenakan supaya pada saat perefleksian mengenai acara baksos tersebut teman-teman Cana Community dapat memberikan perbedaan yang signifikan dan dapat mendalami kehidupan anak-anak difabel serta dapat merealisasikan apa yang mereka dapat setelah mengenal kehidupan anak-anak difabel.
    Father Adri sebagai pembimbing Cana Community yang mengusulkan bahwa baksos kali ini dilakukan didua tempat dengan alasan tersebut.
    Konsep acara yang diusung dalam baksos kali ini adalah mengikuti kemauan anak-anak, karena anak-anak yang difabel sulit untuk diajak bermain seperti anak-anak pada biasanya. Contohnya adalah kalau anak-anak suka mewarnai, teman-teman baksos menemani mewarnai, bernyanyi dan berlari.
    Baksos tahun ini mendapatkan dana dari Campus Ministry yakni sebesar Rp 500.000,-. Tidak hanya dana dari Campus Ministry melainkan dana baksos didapat dari hasil jaulan baju-baju bekas di pasar godean dan hasil ngamen di sekitar daerah UGM.
    Hasil yang ingin dicapai dari adanya baksos ini adalah supaya teman-teman Cana Community dapat mengenal kehidupan kaum difabel dan mempunyai sikap yang humanis.

 19 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Blogger news